Senin, 06 Oktober 2014

Cara Membaca Al Quran dengan Baik dan Benar



Berikut sedikit uraian singkat mengenai bagaimana cara membaca alquran dengan baik dan benar. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar bisa membaca Al Quran dengan baik dan fasih diantaranya:


1.    pertama-tama kita harus bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf. Sama seperti jika kita hendak belajar membaca bahasa indonesia. jika kita mengetahui dan bisa membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, hal ini merupakan modal utama kita untuk bisa membaca alqur’an, karena isi alquran adalah bacaan yang didalamnya tersusun dari 28 huruf hijaiyyah. Namun sebelum membaca Al Quran kita diharuskan mengawali dengan membaca kitab Iqro yang isinya dimulai dari cara membaca dan mengeja huruf hijaiyyah mulai dari ‘Alif sampai dengan ‘Ya dari tingkat 1 sampai dengan tingkat 6.
2.    setelah faham dan mampu membaca huruf hijaiyyah dengan fasih, tahapan selanjutnya adalah mempelajari tanda baca, yaitu, fathah, kasrah, dan dhommah. Sama seperti belajar berbahasa indonesia, tiga tanda baca yang disebutkan tadi mirip halnya dengan huruf vokal yang ada di bahasa indonesia.
3.    setelah paham dengan tanda baca Al Quran, kemudian dilanjutkan dengan melafazkannya akan tetapi diharuskan menguasai atau paling tidak mengetahui mengenai tanda baca di dalam alquran dan panjang pendeknya harakat yang harus dibaca. Selain tanda baca seperti fathah, kasrah dan dhomah, ada tanda baca lainnya yang harus diperhatikan seperti Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil dll. Walaupun isyarat tanda baca ini tidak sering muncul dalam tiap ayat Al Quran. namun hal ini penting diperhatikan dan dipelajari karena jika tidak kita belum bisa dikatakan fasih membaca alquran, jadi kita harus benar-benar memperhatikan isyarat dan tanda baca yang muncul di tiap ayat Al Quran.
4.    Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membaca Al Quran adalah, mengetahui dan menguasai teknik membaca Al Quran, seperti:
 a. Idgham Bighunnah, dibaca berdenggung sampai 6 har’kat
b. Idgham Billaqunnah, sama halnya dengan Idgham Bighunnah
c. Izhar, dibaca jelas
d. Ikhfa, dibaca samar
e. Iqlab, apabila bertemu dengan huruf iqlab, maka dibaca huruf mati contoh mim ( م )

     5.  Yang terakhir adalah “praktek” yang didampingi oleh guru pembimbing atau orang yang menguasai bacaan Al Quran. Dengan mempraktekan bagaimana cara membaca Al Quran, dan adanya seorang guru yang menyemak bacaan, seorang akan dapat lebih cepat, fasih dan benar dalam membaca alquran. Dengan begitu kita bisa mengetahui seberapa besar kemampuan kita dalam membaca, memahami  dan mengerti isi Al Quran. Membaca Al Quran juga sangat diwajibkan sebagai Ummat Muslim karena dari tiap 1 ayat yang kita baca mengandung 10 kebaikan. Bacalah Alquran secara rutin, sebelum waktu masuk subuh atau setelah maghrib adalah waktu yang bagus untuk membaca alquran.
Semoga sedikit banyaknya tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya. Selamat mencoba.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 komentar: